a

13.44
0

Menggunakan Rumus Formula Ms. Word 2010 ini sedikit berbeda dengan yang digunakan pada Ms.Excel 2010. Beberapa perbedaan mendasar diantaranya, tidak ada fasilitas klik and drag rumus relatif seperti yang ada di Ms. Excel. 
Maksudnya, kalau kita sudah bikin rumus di sebuah cell terus mau di copy ke bawah dengan cara di klik panah hitam di pojokan, disini tidak berlaku.
Nah, rumus ini cukup membantu kalau kita hanya akan menggunakan Rumus Formula Ms.Word yang dasar saja seperti SUM, MAX, MIN, AVERAGE, COUNT, dll.

Untuk latihan silakan kamu mengetik tabel seperti gambar berikut:

Huruf (A),(B),(C),(D),(E) pada tabel diatas tidak perlu diketik. Itu hanya menunjukkan target sasaran Rumus Formula Ms.Word 2010 yang akan kita pelajari.
Atau kalau ingin lebih praktis, download saja file google doc berikut.
Cara menampilkan rumus formula di Ms. Word bagaimana sih?

Cara memasukkan rumusnya adalah

  1. klik di cell dalam tabel yang mau dikasih rumus.
  2. lalu masuk ke menu layout 
  3. Terakhir klik icon F(x). 

akan muncul dialog box seperti berikut.


Keterangan:
Formula            = Diisi dengan rumus formula yang mau diterapkan
Number Format = Berisi satuan persen, banyaknya nol dibelakang koma (tidak harus dipakai)
Paste Function  = Berisi Pilihan rumus yang bisa kamu pakai. Jika di klik dia akan masuk ke kolom formula.
SOAL :
  1. Berapa jumlah nilai Andra? (A)
  2. Berapa rata-rata nilai Ahmad? (B)
  3. Berapa nilai tertinggi yang diperoleh pada pelajaran Menulis Berita? (C)
  4. Berapa nilai terendah yang diperoleh pada pelajaran Editing? (D)
  5. Hitunglah, berapa jumlah peserta yang mengikuti ujian Layout? (E)
Nah sekarang kamu masukkan rumus-rumus berikut pada masing-masing cell yang ditunjuk.
RUMUS FORMULANYA?
Pada kotak (A) masukkan rumus 
=SUM(LEFT)
Pada kotak  (B) masukkan rumus
=AVERAGE(LEFT)
Pada kotak  (C) masukkan rumus
=MAX(ABOVE)
Pada kotak  (D) masukkan rumus
=MIN(ABOVE)
Pada kotak  (E) masukkan rumus
=COUNT(ABOVE)
Lalu kapan pakai ABOVE, LEFT, RIGHT, BELOW?
Perhatikan ilustrasi dibawah ini

  1. Kalau menjumlah dari atas ke bawah pakainya ABOVE
  2. Jika Menjumlah dari bawah ke atas pakainya BELOW
  3. Kalau menjumlah dari tabel kiri, jumlahnya di kanan pakainya LEFT
  4. Jika Menjumlah dari tabel kanan, hasilnya di kiri pakainya RIGHT
Nah, berapa coba hasil cell A, B, C, D, E ?  monggo ditulis di kolom komentar di bawah...hehehe 
Selesai, Semoga nambah pengetahuan.
Salam Kreatif :)

Note:
Silakan di save, pelajari, print, copy paste, asal sertakan alamat url 
- http://zoneofsharing.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar